15Oct 2015
di input oleh

jamkridasumsel

    LPDB-KUMKM Gandeng Forum Komunikasi Jamkrida

    Jawa Pos - Kamis 8 Oktober 2015


    Jakarta
    - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) bersama Forum Komunikasi Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) berkerja sama untuk mengembangkan ekonomi rakyat pada bidang pembiayaan usaha KUMKM. tak tanggung-tanggung, untuk tahap awal saja, LPDB-KUMKM berani menggaet delapan jamkrida dari delapan daerah berbeda. Tujuannya adalah melebarkan sayap LPDB-KUMKM keluar jakarta. 

    Kerjasama antara LPDB-KUMKM dan Forum Komunikasi Jamkrida bukan tanpa sebab. Selama ini, satuan kerja yang bergerak dibawah Kementerian Koperasi dan UKM tersebut sulit mengembangkan sayap di daerah lantaran belum memiliki kantor cabang atau perwakilan di luar jakarta. Karena itu, mereka memilih bekerja sama dengan Forum Komunikasi Jamkrida. 

    "Jamkrida ada di setiap daerah. Dengan begitu, kami lebih mudah membantu permodalan KUMKM," kata Dirut LPDB-KUMKM Kemas Danial dalam memorandum of understanding (MoU) dengan delapan perwakilan jamkrida di kantor LPDB-KUMKM, Jalan Letjen M.T. Haryono, Jakarta Selatan.

    Kemas menyatakan, kerja sama LPDB-KUMKM dengan Forum Komunikasi Jamkrida sangat positif. Selain meluaskan jangkauan dalam membantu permodalan KUMKM di luar ibu kota, kerjasama itu juga berdampak baik terhadap penyerapan tenaga kerja.

    Dengan kondisi ekonomi saat ini, banyak tenaga kerja di daerah yang tidak tertampung. Alhasil, angka pengangguran terus naik. Kolaborasi LPDB-KUMKM dan Forum Komunikasi Jamkrida pun menjadi solusi untuk menekan angka penganggur. "Menekan angka penganggur dn kemiskinan sesuai dengan amanat pemerintah," terang Kemas.

    Dalam Mou, kedelapan perwakilan jamkrida yang turut hadir adalah Ketua Forum Komunikasi Jamkrida sekaligus Dirut PT Jamkrida Sumsel Dian Askin hatta, Dirut PT Jamkrida NTT Franky Amalo, Dirut PT Jamkrida Kaltim H Agusshohir A.S, Dirut PT Jamkrida Kalteng Suhartono SE. Lalu, Dirut PT Jamkrida Kepulauan Bangka Belitung Erlan Hadi Santoso, Dirut PT Jamkrida Banten Indra Rachman, Dirut PT Jamkrida DKI Chusnul Ma`arif, dan Perwakilan PT Jamkrida Riau. 

    Menurut Kemas, delapan jamkrida yang sudah bekerja sama dengan lembaganya bakal menjadi ujung tombak LPDB-KUMKM di daerah masing-masing. " Kami berikan permodalan untuk KUMKM. Jamkrida yang back up dan dapat premi. Jadi, sama-sama untung. 

    Orang nomor satu di LPDB-KUMKM tersebut berharap jamkrida di wilayah lain turut bekerja sama dengan lembaganya. Dengan demikian, dana yang disiapkan pemerintah untuk membantu KUMKM tersalurkan pada tempatnya. Sebagai catatan, dana tahun ini saja mencapai Rp 2,3 triliun.

    Sementara itu, perwakilan jamkrida menyebutkan, kerja sama dengan LPDB-KUMKM adalah kombinasi yang bagus. Apalagi ada kesamaan visi antara LPDB-KUMKM dengan jamkrida di seluruh indonesia. Yakni, mengembangkan ekonomi melalui KUMKM, "Kami harap kerja sama dengan LPDB-KUMKM solid sehingga dapat mengembangkan KUMKM di Indonesia," kata Dirut PT Jamkrida Sumatera Selatan Dian Askin Hatta.